Kamu punya teman yang suka pamer lagi liburan di sosmed? Atau lagi makan-makan di tempat mewah? Ya wajar sekali, kamu tidak perlu iri dan sudah pasti juga kamu tidak masalah. Tapi yang jadi masalah adalah kalau kamu tau teman kamu yang suka pamer tadi suka ngutang, eh ngutanya ke kamu lagi. Gimana perasaan kamu?

Giliran ditagih susahnya minta ampun. Beribu alasan dikeluarkan tapi besoknya pamer foto jalan-jalan lagi. Tidak salah pamer foto sana sini, tapi tolong, lunasi dulu utangmu.

Kalau sudah begini kamu pasti bingung harus bagaimana karena satu sisi kalian berteman. Tapi teman kok tidak sadar-sadar.

Sebelumya kamu pasti sudah pernah melakukan beberapa hal ini:

Menyindir tapi dianya tidak merasa tersindir

Kalau sudah menyangkut hutang piutang, urusan pasti jadi ruwet. Ditambah kalau yang ngutang teman sendiri. Bukannya kamu rakus memamksa supaya doi cepet bayar utang, tapi kadang doi tidak sadar-sadar sama utangnya yang udah lama. Kamu pun akhirnya menyindir doi dengan kata-kata yang halus, tapi sayang sindiran kamu tidak mempan. Bulan depannya sama, ada saja alasan dan akhirnya kamu ngelihat doi foto jalan-jalan.

Menagih langsung tapi dicuekin

Sponsored Ad

Jujur kamu pasti punya teman jauh atau dekat yang kalau pas kamu nagih utang, doi malah cuek tidak peduli sama kamu. Kamu dikacangin setiap bertanya baik-baik. Kamu kalem dulu kalau begini. Jelaskan juga keadaan keunganmu yang seret dan butuh banget uang dan berharap dia bayar utangnya.

Berpikiran positif

Dia mungkin sedang asyik liburan jadi waktu kamu nagih dia tidak bisa membalas pesan kamu. Coba dekati dia terus selepas pulang liburannya.

Jangan meminjami dia lagi

Cara ini adalah yang paling ampuh. Kamu tidak perlu meminjami dia lagi. Daripada kamu capek menagih dan kamu sakit hati terus, lebih baik berhenti meminjami uang. Kalau doi marah karena kamu tidak kasih pijam, kamu harus jelaskan alasan kamu tidak bisa meminjaminya lagi. Pada dasanya memang teman ya teman, uang ya uang. Tidak bisa karena kamu dan dia teman lalu dia seenaknya mengambil uangmu.

Sponsored Ad

Jurus yang terakhir masalah hitang piutang adalah mengikhlaskan

Tidak bisa dipungikir, berat untuk mengikhlaskan uang yang sudah dipinjamkan dan ternyata tidak kembali padamu. Tapi pecayalah kalau suatu saat rejekimu akan bertambah bila kamu mau bersabar.

Jadi, bilang ke teman kamu yang suka foto-foto pamer di sosmed tapi hutangnya segunung, “Sebelum pamer foto liburan, lusanin dulu tuh utang!”

Sumber: Vemale