Berikut ini mimin rangkum 15 poin penting dalam membangun bisnis yang sukses versi Jack Ma:

1. Dalam berbisnis, yang paling penting bukanlah di mana lokasi Anda. Yang paling penting adalah mengerti seberapa jauh produk Anda bisa berjalan. Seperti contoh Kentucky Fried Chicken (KFC), KFC bukanlah di New York, tapi KFC ada di seluruh dunia.

2. Hampir sebagian besar pebisnis yang sukses dimulai dari menemukan satu kebutuhan/keinginan sebagian orang dan memenuhi kebutuhan itu. Di sanalah peluang.

3. Jika ingin merintis usaha, jangan cari orang yang sudah sukses atau sudah pernah sukses. Carilah orang yang belum sukses, tapi ingin sukses, sederhana dan biasa saja tapi kompak, bisa diajak bekerja sama, dan punya impian yang sama. Jangan cari orang yang terbaik, tapi carilah orang yang paling cocok.

4. Yang paling membahagiakan dalam berbisnis adalah belajar dan mengembangkan produk sendiri. Belajar bisa dari mana saja, tidak harus duduk, tapi dengar, lihat, belajarlah dari konsumen, dari pesaing. Orang yang terus belajar pasti bisa maju. Gairah (berbisnis) yang sesaat tidak akan menghasilkan apa-apa, gairah/keinginan untuk maju yang berkepanjangan/konsisten baru akan membuahkan hasil.

5. Ketika bertemu dengan saingan, jangan mencoba untuk menantangnya, tapi cobalah untuk mencari kekurangannya, lakukan apa yang belum dia lakukan.

6. Sebelum memulai pemasaran, pastikan Anda memiliki 3 hal ini, produk, kualitas dan pelayanan. Kalau tidak ada, perencanaan sebagus apapun sama saja bohong.

7. Untuk meraih sesuatu yang besar, kita perlu menginvestasikan waktu, energi dan kesabaran. Orang kelahiran tahun 80-an, 90-an, janganlah bersaing dengan orang 50an, 60-an, 70-an, tapi bersainglah dengan masa depan, baru ada kesempatan untuk menang.

8. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri, tapi pikirkan juga keuntungan pemegang saham. Kalau suatu hari kamu mendapatkan uang yang banyak, lakukan hal yang menurutmu benar, yang menurutmu bisa menghasilkan nilai, bisa membuat orang lain untung berkepanjangan, pasti uang akan mengikutimu.

Sponsored Ad

9. Gaji kecil tidak apa, yang penting pengalaman. Pengalaman itulah yang akan membuatmu berjalan lebih jauh.

10. Mengubah kebiasaan orang atau culture itu sulit, tapi bukan tidak mungkin. 20 tahun yang lalu saat Jack Ma mulai memperkenalkan idenya tentang e-commerce, semua orang beranggapan ‘mana mungkin beli baju di internet’, ‘siapa yang mau beli barang di internet’, tapi sekarang? Jika kamu punya ide bagus tapi semua orang menentangnya dan menganggap itu gila, lakukan saja, pasti ada kesempatan!

11. Yang paling penting dalam berbisnis adalah integritas. Kenapa ada orang bisa kena tipu? Sebenarnya bukan karena orang lain terlalu licik, tapi kadang karena diri sendiri terlalu tamak. Sebaliknya, orang yang menipu orang lain, pasti suatu hari akan kena batu. Kalau mau tidak kena tipu, latihlah diri sendiri supaya tahan pada godaan, tekanan, dan ketamakan.

12. Kesalahan yang paling sering orang lakukan dalam berbisnis adalah tidak bisa melihat, tidak mengerti, meremehkan dan akhirnya tertinggal. Pertama, menganggap remeh pesaing, tidak mengerti bagaimana mereka bisa berdiri dan akhirnya tertinggal. Ingat, jangan pernah remehkan pesaing, walaupun dia benar-benar kecil, tapi jangan pernah anggap remeh (contoh: si kelinci dan si kura-kura)

Sponsored Ad

13. Mengakui kesalahan bukanlah sesuatu yang memalukan. Hanya dengan mengakui kesalahan, melihat kekurangan orang lain dan juga kekurangan sendiri secara objektif, barulah kamu bisa tumbuh. Kalau dikritik pun jangan sakit hati. Satu dua orang mengkritik kita, kita mungkin merasa sakit hati. Tapi kalau banyak orang mengkritik kita, mungkin kita harus introspeksi diri. Jangan pernah merasa diri sendiri pintar. Orang yang paling pintar adalah orang yang percaya kalau orang lain lebih pintar.

14. Ada banyak yang harus dipikirkan sebelum menyusun strategi. Pertama, pastikan kamu mengerti ‘siapa’ konsumen kamu, kedua, ‘nilai’ apa yang kamu berikan untuk mereka, dan ketiga, bagaimana cara kamu mengirimkan nilai ini kepada mereka. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan pesaing yang lain. Setelah semua ini dipikirkan, baru susun strategi.

15. Sebagus apapun strategi, ide, atau kreativitas, yang paling penting adalah ‘realistis’ dan bisa dieksekusi. Kadang ide atau kreativitas yang tidak ada rencana atau tidak memungkinkan untuk dieksekusi malah hanya membuat semua orang pusing kepala. Semua ide, pemikiran, strategi yang tidak bisa direalisasikan, membuahkan hasil atau dieksekusi untuk mencapai target adalah omong kosong, hanya bisa ditulis dalam buku. Kalau tidak menghasilkan, usaha tidak akan jalan, karyawan akan kehilangan pekerjaan, perusahaan akan gulung tikar. Kalau disuruh pilih antara ide yang super kreatif tapi sulit direalisasikan dan ide yang biasa-biasa saja tapi bisa direalisasikan, Jack Ma memilih yang kedua.

Berikut ini video aslinya:

Terakhir, Jack Ma juga berpesan, bermimpilah setinggi mungkin, sebesar mungkin, tapi lakukanlah sedikit demi sedikit, semua butuh waktu, butuh usaha dan butuh kesabaran. Tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja tanpa usaha, kerja keras dan kegagalan, jadi jangan lihat orang ‘eh, enak yah udah sukses!’, tapi kita tidak tahu seberapa banyak usaha yang telah dilakukan dan dikorbankan olehnya di belakang.

Semoga bermanfaat! Salam sukses!

Yuk BAGIKAN inspirasi ini untuk orang di sekitarmu!

Sumber: Youtube