Suatu hari datang mobil pengirim paket dan mengetuk pintu rumahnya. Kakek ini membuka pintu dan menerima paket tersebut. Ia membawanya ke dalam kamar dan membuka kotak tersebut.

Rupanya paket itu berisi sebuah buku belajar bahasa inggris untuk pemula. Kakek ini agak bingung dan membolak balikan halaman buku tersebut.

Keesokan harinya kakek itu menyiapkan secangkir kopi dan roti untuk sarapan. Sambil sarapan ia mulai membaca buku bahasa inggris yang baru ia dapat kemarin itu. “I am, you are, he she it is..” begitu katanya.

Kemudian dia menempelkan notes yang bertuliskan bahasa inggris pada setiap benda di rumahnya, misalnya pot bunga dia tulis pot, toilet dia tulis toilet dan anjingya ia tempel dengan tulisan dog.

Semakin lama ia semakin tertarik belajar bahasa inggris. Ia bahkan melatih pendengarannya dengan menggunakan CD pelajar bahasa inggris. Tidak hanya di rumah, saat naik bus umum pun dia lanjut mendengarkan CD tersebut.

Di depan kaca kakek ini melatih bicaranya katanya,”I am Robert.” (saya adalah Robert.) Dengan keuletannya akhirnya lambat laun dia semakin fasih mengucapkan bahasa inggris. Nama makanan, sendok, garpu, alat mandi semua sudah dia kuasai dalam bahasa inggris.

Hingga suatu hari mobil pengantar paket kembali datang tapi kali ini ia mengirim sebuah koper. Kakek ini mulai mengemasi barangnya dan sambil tetap mengingat nama benda dalam bahasa inggris katanya,”slippers, toothbrush, passport, pajamas.”

Setelah ia selesai berkemas ia berjalan keluar rumah dan berkata pada anjingnya “be a good dog!” (jadilah anjing yang baik). Kakek ini menitipkan anjingnya itu pada tetangganya kemudian ia pergi ke bandara.

Pergi dengan menggunakan pesawat terbang pergi ke negara lain dan akhirnya tiba di sebuah rumah. Terlihat seorang pria muda sudah menunggunya dan membuka pintu mempersilahkan ia masuk.

Ketika kakek ini masuk ke rumah itu terlihat seorang gadis kecil yang malu-malu keluar dari pintu kamar. Kemudian kakek menghampiri anak itu dan berkata,”Hi, I am your grandpa.” (Hai, aku adalah kakekmu.)

Jadi rupanya kakek ini belajar bahasa inggris demi bisa mengobrol dengan cucunya yang masih kecil itu. Kini anaknya sudah tinggal di luar Polandia sehingga cucunya hanya bisa berbicara bahasa inggris.

Perjuangan kakek ini belajar bahasa inggris benar-benar membuat orang menjadi terharu, apalagi ketika dia memperkenalkan dirinya untuk pertama kali pada sang cucu. Kasih sayang kakek membuat dia bertekad dan melakukan hal yang selama ini tidak pernah terpikirkan.

Sumber : Youtube