Apa yang ingin kamu lakukan di usia 25 tahun? Atau jika kamu sudah berusia 25 tahun, apa yang sedang kamu lakukan?

Steve Jobs, ketika ia berusia 25 tahun ia membangun perusahaan Apple dan kapitalisasi pasar mencapai US$800 miliar (setara 10.800 triliun rupiah).

Warren Buffett, ketika ia berusia 20 tahun ia masih menjadi seorang salesman di kota kecil. Baru ketika ia berusia 26 tahun, ia mulai menciptakan kemitraan investasi.

Bill Gates, ketika ia berusia 21 tahun ia keluar dari Harvard dan mendirikan Microsoft. Ketika berusia 25 tahun, ia bekerja sama dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi Microsoft.

Bisa dibilang, usia 25 tahun adalah usia yang penting dalam pertumbuhan seseorang. Apa yang kamu lakukan ketika berusia 25 tahun, menentukan apa yang akan 5 tahun ke depan!

Jika kamu sudah berusia 25 tahun dan masih bingung, pria asal India ini telah menjadi miliarder termuda di dunia. Ia adalah Gurbaksh Chahal, seorang pengusaha periklanan internet.

Chahal lahir di India, tapi pindah ke San Jose, California bersama keluarganya ketika ia berusia 4 tahun.

Ayahnya bekerja di sebuah kantor pos, sementara ibunya menjadi perawat di rumah sakit. Penghasilan mereka hampir tidak cukup untuk mempertahankan keluarga mereka. Karena hal inilah, Chahal mengajukan gagasan untuk berhenti sekolah, tapi kedua orangtuanya tidak setuju. Meski begitu, Chahal tetap bersikeras dan akhirnya keluar dari sekolah menengah atas ketika berusia 16 tahun untuk mengejar karirnya di bidang periklanan internet.

Ayahnya sangat marah karena hal itu, dan Chahal berpikir bahwa takdir ditentukan oleh kemampuan diri sendiri dan ia memutuskan untuk membuktikannya.

Bisa dikatakan ia adalah pengusaha ajaib, ketika ia berusia 16 tahun ia diam-diam di kamarnya mendirikan perusahaan periklanan internet (ClickAgents), yaitu  jaringan iklan berbasis kinerja, ia tumbuh bersama perusahaannya selama dua tahun, di mana akhirnya perusahaannya diakuisisi oleh ValueClick dalam kesepakatan penjualan sebesar 40 juta dolar AS (setara 550 miliar rupiah). Kemudian di tahun 2004, Ia mendirikan sebuah perusahaan yang bernama BlueLithium, yang kemudian diakuisisi pada tahun 2007 oleh Yahoo untuk $ 300 juta dolar AS (setara 4,1 triliun). Dan, Chahal pun menjadi miliarder termuda di dunia!

Meski Chahal hidup dengan berkelimpahan harta, tapi hal tersebut tidak mengubah hidupnya untuk mencari kesenangan duniawi. Ketika melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan pesawat, ia akan tetap memilih kelas ekonomi. Ia sendiri juga sering melakukan kegiatan amal dan membantu mereka yang membutuhkan pertolongan.

Sekarang, Chahal telah membangun perusahaannya yang ketiga dan telah mendapatkan investasi dari Trinity Ventures. Dan 125 juta dolar AS oleh Universitas Stanford. Ia berharap perusahaan ini bisa lebih sukses dari dua perusahaan sebelumnya.

Ada pepatah mengatakan: menghasilkan uang adalah hal yang mudah, mempertahankan kekayaan barulah sulit. Jika kamu terus menyia-nyiakannya, maka lama kelamaan kekayaan segunung pun juga akan habis. Karena itulah, banyak orang-orang sukses yang tetap memelihara kebiasaan sederhana dan memilih melakukan kebaikan daripada menyombongkan diri.

Yuk share cerita inspiratif ini ke teman-temanmu!

Sumber: Beauty