Uang memang bukan segalanya, namun uang diperlukan untuk membeli barang dan memenuhi kebutuhan hidup, seperti makanan dan obat-obatan. Di dalam video pendek ini menceritakan seorang anak kecil miskin yang ibunya sakit. Karena kemiskinannya itu, ia tidak memiliki uang untuk membeli obat, dan ia memilih untuk mencuri obat di apotek. Saat itu ia tertangkap dan dimarahi oleh pemilik toko, anak kecil ini lalu berkata perlahan sambil menundukkan kepalanya: “saya ingin memberikannya kepada ibu…”

Pada saat ini, pemilik toko makanan di sebelah menghampirinya, bertanya kepada anak kecil: “Apakah ibumu sakit?” Lalu anak kecil tersebut menganggukkan kepala. Akhirnya pemilik toko makanan itu membantu membayar uang obat yang dicuri oleh anak kecil, dan juga memberikan kuah sayuran yang dijual di tokonya kepada. Anak kecil memandangnya lama, lalu berlari dengan membawa barang yang diberikan kepadanya.

30 tahun kemudian, pemilik toko makanan masih begitu-begitu saja, dan masih berjualan di tempat sederhana yang sama seperti dulu. Suatu hari tiba-tiba ia merasa tidak enak badan, beberapa detik kemudian, ia terjatuh dan pingsan. Pemilik toko pun segera dibawa ke rumah sakit gawat darurat dan butuh segera dioperasi.

Anak perempuan pemilik toko itu diberitahu jumlah biaya pengobatan, operasi, obat dan biaya rawat inap rumah sakit, total biaya adalah 792,000 baht, dimana biaya ini termasuk jumlah besar. Ia terpaksa menempel selembar kertas di depan pintu tokonya yang bertuliskan: “Dijual segera, telepon 0846661325”.

Suatu hari anak perempuan yang menjaga di samping tempat tidur terlelap dan ketiduran karena kelelahan merawat ayahnya, ketika terbangun melihat ada dua lembar kertas di atas tangannya, dia membuka dan melihatnya, biaya pengobatan 0, biaya operasi 0, biaya obat 0, biaya rawat inap 0, termasuk tiga bungkus obat penghilang rasa sakit dan satu kuah sayuran, total adalah 0!

Di atas kertas juga ditambahkan: “termasuk semua biaya, telah dibayar 30 tahun yang lalu!”

Ternyata dokter yang menangani adalah anak kecil miskin yang dulu pernah mencuri obat untuk ibunya, sekarang ia memiliki kemampuan untuk membayar hutang budinya.

Silakan lihat video lengkapnya disini:

Jika semua orang di dunia ini mau membantu orang lain sesuai dengan kemampuannya, maka dunia ini akan semakin indah.

Sumber: Youtube