Di awal abad ke-20, seorang dokter asal Austria bernama Karl Landsteiner membagi golongan darah manusia ke dalam empat kategori utama. Perbedaan golongan darah ini sangat mempengaruhi kesehatan, jenis diet dan juga kepribadian dari si individunya.

1. Bagaimana cara mengetahui golongan darah?

Untuk mengetahui golongan darah, kamu bisa cek ke dokter. Sistem golongan darah sangat penting untuk transfusi darah, jika tidak sesuai maka akan menyebabkan rusaknya atau hancurnya sel darah merah, anemia hemolitik, gagal ginjal dan penyakit lain yang lebih serius.

Sponsored Ad

2. Nyamuk lebih tertarik dengan pemilik golongan darah O

Menurut sebuah penelitian, nyamuk dua kali lipat lebih tertarik untuk menghisap pemilik golongan darah O. Maka dari itu banyak pemilik golongan darah O yang kulitnya jadi banyak bentol dan berbekas.

Sponsored Ad

3. Pendonor universal.

Salah satu kelebihan darah golongan darah O adalah bisa mendonorkan darahnya bagi golongan A, B, AB dan O. Namun pemilik golongan O hanya bisa menerima dari golongan O saja.  Meskipun bisa mendonorkan darah bagi golongan darah yang lain, tapi memang sebaiknya penerima harus mendapat dari golongan darah yang sama untuk mencegah konsekuensi.

Sponsored Ad

4. Pemilik golongan darah O lebih rentan stres

Banyak studi yang menghubungkan antara peningkatan kadar hormon stres kortisol dengan beberapa hal, misal junk food dan penuaan dini. Studi dari US Department of Veterans Affairs memperlihatkan bahwa tingkat kortisol golongan darah O lebih tinggi dari golongan darah lainnya, sehingga lebih rentan terhadap stres.

Sponsored Ad

5. Makanan yang tepat untuk golongan darah O.

Pemilik golongan darah O sangat baik mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein seperti ikan, unggas, daging bebas lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. Tidak ketinggalan sayur-sayuran juga!

Sponsored Ad

6. Olahraga yang cocok untuk golongan darah O.

Selain mengatur pola makan, kita juga harus melakukan olahraga. Nah, olahraga yang tepat untuk golongan darah O adalah olahraga yang menggunakan kekuatan seperti jogging, bersepeda, lari atau olahraga lainnya yang bersifat aerobik.

7. Kepribadian.

Menurut penelitian orang dengan golongan darah O memiliki karakteristik yang dermawan, antusias dan juga ramah. Maka dari itu golongan darah O paling cocok berpasangan dengan golongan darah A.

Sumber : omgtw