Apa kamu berharap bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih besar dari yang kamu lakukan saat ini? Apakah kamu siap dipromosi untuk tugas yang lebih besar?

Mungkin saat ini kamu masih tetap jadi karyawan biasa. Dan kamu berpikir kalau sudah waktunya kamu harus naik level dan berharap bisa mendapat promosi jabatan yang baru. Ya, tentunya semua orang menginginkan hal ini. Karena Tuhan pun menginginkan kita untuk sukses dan berhasil.

Tak seorang pun dipanggil untuk menjalani hidup yang biasa-biasa saja. Kita juga dipanggil untuk hidup di dalam iman dan kemuliaan-Nya. Kita dipanggil untuk mengerjakan keselamatan kita sendiri dengan rasa takut dan gentar dan hidup sesuai dengan panggilan-Nya dalam hidup kita.

Kalau kamu memang sedang merindukan promosi dari Tuhan, maka kamu hanya perlu menanti waktunya Tuhan. Kita harus menunggu Tuhan bekerja dalam setiap aspek hidup kita. Tapi menunggu dalam hal ini bukan berarti ‘kita diam saja’. Kalau kamu mau mendapatkan sesuatu yang lebih besar dalam hidupmu, maka lakukanlah 3 hal ini:

  1. Singkirkanlah motivasi lain dari hatimu

Kalau kamu ternyata menginginkan promosi hanya untuk menyombongkan dirimu. Atau untuk membuktikan ke orang lain kalau kamu jauh lebih hebat, maka Tuhan tak akan pernah memberikannya padamu.

Tuhan akan lebih dulu melihat hatimu dan motivasimu. Apakah kamu juga sudah menomorsatukan Tuhan dalam hidupmu dan mengerjakan apa yang ada di tanganmu dengan sungguh-sungguh? Sadarilah kalau apa yang kamu punya datangnya dari Tuhan dan gak ada yang mustahil kamu dapatkan kalau memang yang kamu minta benar-benar pantas untuk kamu miliki.

Kalau kamu memang diberkati dengan bakat dan ide, cobalah untuk menerapkannya untuk mendapatkan yang kamu mau. Dengan ini seenggaknya kamu sudah berusaha dan berharap apa yang kamu lakukan akan membuahkan hasil. Saat kamu sudah berusaha dengan sepenuh hati, Tuhan pasti terenyuh dan memberimu bonus berupa promosi yang gak pernah kamu sangka-sangka.

  1. Persiapkan dirimu untuk menerima promosi

Kalau Tuhan memberimu promosi, apakah kamu siap untuk menerimanya? Tuhan hanya akan memberi promosi kepada orang-orang yang sudah siap menerimanya, baik secara karakter maupun kapasitas.

Jadi, kalaupun kamu saat ini pengen sekali tahu mendapat promosi apakah kamu sudah siap? Akan lebih baik membangun karakter dan memperlengkapi diri dengan kapasitas lebih dulu. Karena saat kita sudah siap, Tuhan akan memberikan promosi terbaik untuk kita.

“”Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?” “Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu…” (Mazmur 24: 3-4)

  1. Lakukan apa yang dipercayakan dengan sungguh-sungguh

Bagi dunia sekuler, prinsip ini jadi salah satu kunci dibalik kesuksesan. Sayangnya, banyak orang Kristen yang tak paham dengan prinsip ini. Meskipun sederhana, tapi rupanya dampaknya benar-benar luar biasa.

Terlepas dari apapun pekerjaanmu, lakukanlah itu dengan sungguh-sungguh.

Misalnya, sebagai karyawan di sebuah perusahaan lakukanlah job deskripsimu dengan baik setiap hari. Taati peraturan yang berlaku di kantor dan kalau bisa bekerjanya ekstra miles. Dalam artian, kalau kamu diberi satu tugas maka kerjakanlah tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. Hindari bersunggut-sunggut saat melakukan pekerjaanmu. Jangan pernah mengeluh dan tertekan dengan keadaanmu. Intinya, bersyukurlah dan jalani semua proses yang Tuhan percayakan padamu saat ini.

Saat kamu benar-benar mulai membenahi ketiga hal di atas, percayalah bahwa promosi dari Tuhan itu pasti akan datang.

Yesus berkata bahwa banyak orang yang dipanggil, tapi sedikit yang terpilih (Matius 22: 14).  Orang-orang yang terpilih adalah mereka yang bersedia dipanggil dan membenahi dirinya sampai tiba waktunya mereka dipercayakan melakukan pekerjaan istimewa dari Tuhan. Sama halnya seperti para olahragawan, yang menjalani proses latihan sampai beberapa waktu lamanya. Dan setelah mereka dinyatakan siap secara fisik dan skill, mereka lalu dikirim ke medan tanding. Prosesnya memang gak mudah, tapi proses yang Tuhan mau kita jalani gak akan mendustai hasil.

Jadi, Tuhan mau kita siap hari ini dan mau diangkat untuk mengerjakan sesuatu yang lebih besar.

Sumber : Jawaban.com