Mungkin sobat Cerpen belum pernah mendengar kabar tentang mantan istri konglomerat SAMSUNG yang satu ini. Pria dalam foto adalah Chung Yong-Jin, cucu dari pelopor grup SAMSUNG, sekaligus keponakan dari CEO SAMSUNG yang sekarang. Wanita yang bersandingan dengannya bernama Go Hyun-Jung. Doi bukanlah wanita biasa.

Sebelum menikah dengan bos SAMSUNG, Go Hyun-Jung sendiri adalah aktris yang tengah naik daun. Ia pernah menjadi juara ke-2 miss Korea pada tahun 1989. Pada saat di puncak karirnya, tepatnya di usia 22 tahun, ia bertemu dengan Chung Yong-Jin di sebuah Teater di New York.

Setelah berpacaran 2 tahun, mereka kemudian menikah pada tahun 1995 di usianya yang masih belia 24 tahun. Di saat itu juga, nama Go hilang dari dunia perfilman untuk fokus mengurus rumah tangga. Mereka dikaruniai 2 orang anak, laki-laki dan perempuan. Namun, tahun 2003, Go tiba-tiba menggugat cerai suaminya. Banyak orang pun kaget, heran dan bertanya-tanya, punya suami sekaya itu, kenapa mau cerai?

Banyak orang yang tidak tahu. Kelihatannya ia seperti menikah dengan suaminya, tapi yang sebenarnya terjadi adalah ia bukan hanya menikah dengan “satu pria”, tapi “satu keluarga”. Tidak mudah untuk menjadi menantu keluarga kaya. Seluruh wanita dalam keluarga besar itu mengucilkannya yang hanya berasal dari kalangan biasa.

Mereka selalu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sedangkan Go tidak bisa berbahasa Inggris dan tidak bisa bergabung dalam berbagai pembicaraan. Akhirnya, demi bisa berbaur dengan keluarga besar, Go sampai bela-belain belajar bahasa Inggris! Tapi belum sempat ia mahir, orang-orang di keluarganya mulai berbicara dengan bahasa Perancis. Alamak!

Dalam keluarga itu, hanya suaminya yang berlaku baik terhadapnya. Tapi bagaimana pun juga, suaminya sebagai direktur besar tidak bisa menjaganya setiap saat, setiap waktu. Karena tidak bisa berbaur dengan keluarga suaminya, ia pun fokus membesarkan kedua anaknya.

Namun lama kelamaan, ia merasa capek. Setelah tinggal di rumah itu selama 8 tahun, ia tidak pernah merasakan kebahagiaan, kehangatan sebuah keluarga, malah merasa semakin kehilangan jati dirinya. Memang ia tinggal di rumah besar dan mewah, namun ia merasa sangat dingin, kesepian, tidak ada satu pun orang yang menerimanya, tidak ada yang benar-benar peduli dengannya, menganggap ia satu keluarga. Banyak malam di mana ia tidak bisa tidur, ia tanpa henti bertanya pada dirinya: Haruskah aku terus hidup seperti ini?

Terakhir, ia memutuskan untuk mengikuti kata hatinya dan membuat sebuah keputusan yang sangat berani, yaitu bercerai.

Ketika ia mengajukan cerai, keluarga besarnya langsung tidak senang. Berani-beraninya… Muka mereka mau taruh di mana? Hal ini tentu akan menciptakan skandal dan mencoreng nama baik keluarga.

Terakhir, pengadilan memutuskan Go berhak atas harta sebesar 1,5 Miliar Won (sekitar 20 miliar Rupiah), namun ia tidak mendapat hak asuh atas kedua anaknya. Bahkan, keluarga besar mereka memanfaatkan kekuasaannya untuk memboikot aktivitas Go di luar.

Setelah bercerai, Go ingin kembali melanjutkan karirnya sebagai aktris. Namun, ia telah 8 tahun meninggalkan showbiz. Popularitasnya tentu sudah digantikan oleh aktris muda dan baru yang lagi naik daun saat itu. Jalannya untuk kembali menjadi sangat bergelombang. Untungnya, ia kenal beberapa orang dalam perusahaan perfilman. Akhirnya pada tahun 2005, ia pertama kali muncul di layar kaca setelah 10 tahun menghilang.

Siapa sangka, kemampuan aktingnya masih bagus seperti dulu. Film yang ia bintangi berhasil mendapat rating tertinggi dan membuat jutaan penonton berlinang air mata. Sekali lagi, kemampuannya di dunia perfilman diakui semua orang.

Bukan cuma main film, ia juga mendapat tawaran iklan dengan bayaran fantastis. Di shopping mall, di TV, di majalah, di mana-mana bisa terlihat wajahnya terpampang di sana. Ia bahkan menjadi endorser salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea. Mulai tahun 2005 sampai sekarang, ia telah bermain di puluhan film dan beberapa kali memenangkan penghargaan Best Actress Awards yang diadakan tiap tahunnya.

Perjalanan Go untuk kembali ke karirnya boleh terbilang sukses. Waktu itu, ia melepaskan impiannya demi cinta, namun ia sama sekali tidak menyesal. Ketika ditanya, kalau bisa kembali ke waktu dulu, apakah kamu masih akan memutuskan untuk menikahinya? Go menjawab, “Iya, saya masih akan menikah dengannya karena kami memang pernah saling cinta. Namun, menikah dengan pacaran itu beda, waktu itu saya belum tahu apa-apa, masih banyak yang harus dipelajari. Kalau kami bertemu pada saat yang lebih tepat, mungkin kami bisa lebih bisa saling memenuhi harapan satu sama lain, namun waktu itu aku tidak punya kemampuan itu.”

Ia tidak pernah memfitnah atau mengatakan kejelekan tentang “keluarganya”. Menyangkut soal perlakukan mereka, Go hanya menyalahkan dirinya sendiri kurang dewasa, kurang baik, kurang memenuhi harapan.

Ketika mantan suaminya menikah lagi, awak media pun menanyakan pendapatnya, namun dengan anggun ia berkata, “Yang lalu biarlah berlalu. Saya hanya berharap yang terbaik untuknya.”

Tahun 2014, Go mengembangkan sayapnya ke fashion business dan meluncurkan mereknya sendiri, menjual pakaian, kacamata hitam, sepatu, dan lain-lain. Ia juga terlibat secara pribadi dalam desainnya.

Sekarang, Go sudah bukan lagi wanita “biasa” yang bisa dianggap remeh. Perjuangannya untuk kembali membangun karirnya dan melentangkan sayapnya telah memperlihatkan kepada kita sosok seorang wanita yang mandiri dan berani mengubah hidupnya. Kini usianya telah mencapai 46 tahun, namun ia tetap terlihat muda dan cantik. Mungkin rahasianya awet muda adalah attitudenya yang positif, “Umur setiap orang pasti bertambah, untuk itu, ngapain terlalu dipikirkan?”

Go telah membuktikan pada semua orang kalau wanita tidak harus bergantung pada pernikahan atau suami untuk bahagia. Bila sesuatu tidak membuatmu bahagia, putuskanlah, cari jalanmu sendiri. Siapa tahu, jalan itulah yang sesungguhnya akan mengantarkanmu pada kesuksesan dan kebahagiaan. Kamu cukup mengambil satu langkah itu saja dengan penuh keberanian dan hati yang positif.

Semoga artikel ini menginspirasi sobat Cerpen semua!

Sumber: happy